Milenial Saguling Serius Kembangkan Wisata

SAGULING– Para pemuda di Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menginginkan wilayahnya dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata di KBB.  

Hal tersebut mengemuka dalam kegiatan reses I Tahun sidang 2020-2021 Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Golkar Edi Rusyandi di Kampung Cibanteng, Desa Saguling Kecamatan Saguling KBB, senin (09/11/2020).

Dalam kegiatan tersebut menampung aspirasi dari kelompok pemuda yang mengharapkan adanya peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengembangan desa wisata. 

Mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah baik kabupaten maupun provinsi untuk mendukung desa saguling sebagai salahsatu destinasi wisata. “Dengan pengembangan potensi ini diharapkan bisa menjadi salahsatu pendongkrak tumbuhnya ekonomi masyarakat sekitar,” kata Atep Risto Astoni perwakilan pemuda penggerak wisata setempat. 

Dirinya bersama dengan pemuda lainnya terus berbenah dan membuka lokus lokus wisata di Desa Saguling.

Namun sayangnya, hingga saat ini belum ada perhatian dan dukungan serius dari pemerintah terutama bidang sarana prasarana jalan sebagai akses utama. 

Edi Rusyandi menyambut baik aspirasi para pemuda tersebut dan mendukung untuk menjadikan desa saguling sebagai desa wisata. 

Potensi alamnya sangat mendukung. Ada beberapa wisata curug, di antaranya curug Halimun, Cikahuripan, Bendungan Saguling, dan spot spot photo yang indah.

“Bukan tidak mungkin ada potensi lainnya jika terus digali. Sangat memenuhi untuk dikembangkan dan bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Otomatis ini akan menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar,” kata Edi. 

Edi akan berupaya untuk menyampaikan aspirasinya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

Dalam mengembangkan potensi desa wisata ini, Edi berharap, adanya pembinaan skill para kelompok dan pegiat wisata setempat, pengembangan seni budaya dan juga tata kelola lingkungannya. 

“Semuanya harus sejalan dan terintegrasi. Sehingga upaya pengembangan wisata ini kondisi alamnya tetap lestari. Harus dijaga agar tidak rusak. Ada seni budayanya juga sebagai daya tarik,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Edi membagikan masker dan mengimbau agar selalu mematuhi protokol kesehatan. ***

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,040FansLike
2,507FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles