Anggota DPRD Jabar Edi Rusyandi: Pengembangan Geopark Rajamandala Perlu Dukungan Semua Pihak

Anggota DPRD Jawa Barat Edi Rusyandi mengajak semua pihak untuk bersama-sama perduli terhadap kawasan kars Citatah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Apalagi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) berencana menjadikan kawasan karst Citatah ini sebagai Geopark Nasional pada tahun 2020 dengan nama Geopark Rajamandala.

Keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 72 Tahun 2018.

Kawasan karst Citatah berupa potensi alam bebatuan sisa sisa cekungan Bandung Purba yang membentang dari mulai Kecamatan Padalarang, Cipatat, dan Saguling.

Pemandangan indah ini meliputi kawasan Stone Garden, Guha Pawon, Tebing Hawu, Tebing 125, Pabeasan, Sanghyang Heuleut, Sanghyang Tikoro, Sanghyang Poek, Sanghyang Kenit, dan Cikahuripan.

Tentu saja dalam upaya pengembangan kawasan ini dibutuhkan keseriusan pemerintah daerah dan dukungan semua pihak, baik Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Pemprov Jabar, pemerintah pusat, BUMN dan juga masyarakat di sekitar kawasan,” ujar Edi kepada Berita Radio Network, Jumat 18 Desember 2020

Namun sayang, anggota DPRD dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Bandung Barat ini menilai sosialisasi pengembangan kawasan ini belum begitu optimal dilakukan oleh pemerintah daerah.

Demikian pula perlu keterlibatan BUMN dirasa Edi belum maksimal, karena akses sebagian kawasan ini masih dimiliki oleh PT Indonesia Power, PT Perhutani dan PTPN.Adapun sebagian lainnya masih berkaitan dengan kepentingan bisnis para pengusaha tambang sekitar kawasan.

Edi menambahkan, kawasan Karst Citatah secara khusus merupakan aset yang sangat berharga bagi Kabupaten Bandung Barat. Pasalnya, menurut Edi, tidak semua daerah memiliki potensi alam seperti ini.

“Kawasan ini sangat strategis untuk melindungi keragaman bumi, konservasi alam, wahana edukasi untuk para pelajar dan mahasiswa,” tambah Edi.

Selain itu, kawasan Karst Citatah Kabupaten Bandung Barat juga menjadi medan penelitian yang menarik akademisi dan peneliti.

“Multiplier Effect dari kawasan ini tentu saja akan terasa bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar,” ujarnya. (adv)

Sumber : Anggota DPRD Jabar Edi Rusyandi: Pengembangan Geopark Rajamandala Perlu Dukungan Semua Pihak

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,667FansLike
2,507FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles